Tidak Ada Ijin Usaha, Puluhan Mini Market Di Segel Satpol PP

Ofbyandfor.org – Sebanyak puluhan mini market yang tersebar pada beberapa kecamatan yang masuk Kabupaten Bandung disegel massal oleh pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Jumlah ada sebanyak 40 mini market resmi disegel dan tidak boleh melakukan operasional selama satu bulan penuh.

“Minimarket yang disegel kurang lebih mencapai angka 40. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir,” kata Usaman di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Jalan Alfathu, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/9/2017).

Sejumlah mini market di Jalan Raya Kopo-Soreang, Soreang-Ciwidey dan Soreang-Kutawaringin dipasangi stiker segel Satpol PP Kabupaten Bandung.

Usman berujar, penyegelan tersebut dilakukan di Kecamatan Rancabali, Pasir Jambu, Ciwidey, Katapang, Kutawaringin, Soreang, Margaasih dan Ibun. “Puluhan mini market itu disegel karena tidak memiliki izin usaha mini market,” ujarnya.

Peringatan yang dilakukan terhadap para pengusaha mini market tersebut dengan harapan untuk segera mengurus surat perizinan terkait usaha yang mereka miliki, “Segera urus izin,” tegasnya.

Usman mengungkapkan, pihaknya tidak akan tebang pilih dalam menegakkan aturan baik bagi pengusaha besar atau kecil. “Mereka (pengusaha besar) kita enggak akan tebang pilih, pengusaha kecil yang biasa dagang hari minggu di Jalan Alfathu kami seret tapi mengapa pengusaha besar tidak kami tertibkan,” ungkapnya.

Usman menilai, para pelaku usaha itu tergolong nekat. Pasalnya mereka beroperasi satu sampai dua tahun tanpa mengantongi ijin. “Nekat tidak mengurus izin, kalau tidak ditertibkan kapan mengurus izinnya,” ujarnya.

Bukan hanya kepada 40 minimarket yang telah disegel. Usman juga mengingatkan kepada ratusan minimarket di Kabupaten Bandung yang belum mengantongi ijin untuk segera mengurus ijin usahannya. “Sebelum kena SP (Surat Peringatan) 1 yang punya minimarket tutup sendiri atau urus ijin ke perijinan sesegera mungkin,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *