Pelaku Penggelapan Mobil Rental Ternyata Seorang IRT

Ofbyandfor.org – Penipuan dan penggelapan mobil rentalan sebanyak 11 unit yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga (IRT) yang berada di Sukabumi. Ibu rumah tangga tersebut terlibat tindak pidana akibat perbuatannya tersebut.

Tersangka yang berinisial TT (49) yang melancarkan aksinya tidak seorang diri, tersangka bersama dengan temannya yang berjens kelamin pria dengan inisial DA (57) yang sama-sama merupakan warga Sukabumi.

Modus yang dilakukan oleh mereka berdua yakni dengan menggadaikan mobil sewaan kepada orang lain. Sindikat pelaku tipu gelap ini masih menjalani pemeriksaan anggota penyidik Satreskrim Polres Sukabumi. “Ada 11 unit kendaraan kita amankan dari tangan keduanya. Dari jumlah tersebut, 9 unit di antaranya milik salah satu warga Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat,” kata Kapolres Sukabumi AKBP M Syahduddi, Minggu (30/7/2017).

TT dan DA mengelabui pemilik mobil rental dengan cara berpura-pura sebagai penyewa. Setelah meminjam mobil sesuai perjanjian batas waktu pengembalian, pelaku bukannya menyerahkan kendaraan kepada pemilik rental.

TA dan DA malah menggadaikan mobil itu tanpa sepengetahuan pemiliknya. Korban lalu melaporkan ulah kedua pelaku tersebut ke polisi.

“Anggota bergerak dan menangkap pelaku TT, disusul kemudian pelaku kedua yakni Dadang. Setalah itu, anggota mencari satu persatu barang bukti kendaraan berbagai merek yang sudah dipindah tangankan oleh mereka,” ujar Syahduddi.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 372 dan Pasal 378 KUHPidana tentang Penggelapan dan Penipuan. Mereka terancam hukuman empat tahun penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *