Lumajang Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 3,1 SR

Ofbyandfor.org – Gempa bumi yang terjadi pada petang hari sekitar pukul 17.48 WIB, Minggu (24/9/2017) tidak berpotensi tsunami. Gempa yang berkekuatan 3,1 SR terjadi di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Lokasi pusat gempa berada di darat, 33 KM arah barat daya Kabupaten Lumajang pada koordinat 8.30 LS-112.98 BT kedalaman 3 KM.

“Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I-II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II-III MMI di Candipuro dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan hanya dirasakan oleh beberapa orang,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas II Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Suwardi.

Penyebab gempa diperkirakan akibat aktivitas sesar lokal. Sejak terjadi gempa hingga pukul 18.30 WIB, belum tercatat ada aktivitas gempa bumi susulan. “Gempa Lumajang tak berhubungan dengan erupsi Gunung Agung Bali,” tambahnya.

Masyarakat pun diimbau tidak mudah terpancing dengan isu, selain informasi dari BMKG. “Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan isu yang menyesatkan. Selalu pantau informasi resmi yang disampaikan oleh BMKG,” pungkas Suwardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *