Jokowi dan Kak Seto Hibur Anak Korban Gempa Di Banjarnegara

Ofbyandfor.org – Hari Kemarin Senin (23/04) orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi dimana pengungsi korban bencana gempa di Kecamatan Kalibening, Banjarnegara. Tidak hanya sekedar berkunjung saja, Jokowi juga sempat menghiur anak-anak yang juga menjadi korban gempa disana.

Jokowi tidak sendirian, dia bersama dengan Kak Seto yang merupakan tim LDP (Layanan dukungan Psikososial ) Kementerian Sosial RI ini menyemangati agar anak-anak tetap belajar meski rumah dan sekolah rusak.

“Meski sekolahnya ada yang roboh kalian tetap belajar ya, dan jangan lupa ibadah,” kata Jokowi, di lokasi pengungsian.

Tidak hanya itu saja, Jokowi juga memberi sejumlah pertanyaan matematika kepada anak-anak korban gempa. Pertanyaan seputar penjumlahan dan pengurangan. Karena semua anak kompak menjawab, Jokowi memberi hadiah buku kepada anak-anak.

“Ini buku dibagikan untuk semua anak-anak di sini,” tuturnya.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, mengatakan pendampingan secara psikologis ini perlu dilakukan agar para korban tidak mengalami trauma.

Menurutnya, dalam bencana tidak hanya mengangkat manusia dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga bisa mengatasi kecemasan para korban.

“Jadi tidak hanya mengevakuasi korban dalam arti memindahkan ke tempat yang lebih aman, tetapi bagaimana menyentuh persaan mereka agar tidak cemas atau trauma,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *