Hutan Gundul Akibatkan Banjir Bandang Di Bojonegoro

Ofbyandfor.org – Hujan deras yang mengguyur wilayah bagian selatan Kota Bojonegoro sejak mulai siang hingga malam yang tidak ada berhentinya mengakibatkan bencana alam. Akibat hujan yang begitu deras tersebut banjir bandang pun terjadi.

Banjir bandang tersebut terjadi di beberapa desa yang masuk di kecamatan Sekar dan Dander. Selain itu, banjir bandang yang terjadi juga mengganggu jalur utama Dander-Bojonegoro.

Banjir tersebut berasal dari area hutan yang gundul. Air yang tidak diserap oleh pohon yang ada di hutan mengakibatkan langsung mengalir turun ke pemukiman warga. Sungai yang tidak kuat menampung juga meluap dan mengakibatkan banjir bandang tersebut terjadi.

Untuk Kecamatan Dander, desa yang mengalami dampak banjir bandang di antaranya Growok, Sumberarum, dan Kunci. Rata rata rumah warga tergenang air setinggi 25 cm-1 meter. Para warga pun banyak yang berusaha untuk menyelamatkan diri dan tidak sempat menyelamatkan harta benda mereka yang masih berada di dalam rumah mereka masing-masing.

“Hujan itu mulai siang dan deras. Mendadak suara gemuruh air dari selatan sangat cepat. Kami langsung keluar rumah,” ujar warga Desa Kunci, Ahmad, Kamis (16/11/2017).

Sedangkan di Kecamatan Sekar, hujan deras yang mengguyur mengakibatkan tanah longsor di Dusun Kalipapak, Desa Sekar,. Longsor itu menimpa sebuah rumah warga bernama Panijan (66). Beruntung tidak ada korban jiwa, pemilik rumah dan keluarga diungsikan sementara ke lokasi yang aman. Di Desa Bobol, Kecamatan Sekar, banjir merendam setidaknya 12 rumah warga. Ketinggian air mencapai 10 cm.

Sementara itu, jalan raya jurusan Dander-Bojonegoro juga mengalami kemacetan akibat derasnya banjir bandang yang terjadi di Desa Growok. Kendaraan roda empat terpaksa melambatkan lajunya karena khawatir tersapu arus dan mogok.

“Banjir bandang ini terjadi karena curah hujan yang deras. Petugas langsung ikut membantu evakuasi dan pendataan para korban,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *