Dampak Kemarau Dirasakan Warga Rembang

Ofbyandfor.org – Musim kemarau yang sudah mulai tiba pada puncaknya membuat banyak wilayah mengalami kekeringan. Seperti yang terjadi di Rembang, daerah yang mengalami kekurangan air semakin bertambah. Dari daftar desa yang mengalami kekeringan sudah ada beberapa yang sudah mengajukkan droping air ke pemerintah.

Menurut dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, ada dua desa tambahan yang mulai mengajukan bantuan droping air bersih. Kedua desa tersebut yakni Desa Pranti Kecamatan Sulang, dan Desa Dadapan Kecamatan Sedan.

Sebelumnya sudah ada empat desa yang mengajukan droping air bersih, empat desa tersebut yakni Desa Lemah Putih dan Desa Sambong Kecamatan Sedan, Desa Sendangasri Kecamatan Lasem,dan Desa Bitingan Kecamatan Sale.

Kepala Seksi Logitik BPBD Rembang, Ahmad Makruf menyebutkan pihak BPBD telah memulai droping air bersih di kedua desa tambahan tersebut. Droping sendiri dilakukan sepekan sekali, tiap hari Rabu di seluruh desa terdampak kekeringan.

“Kita sudah mulai droping air di dua desa itu karena mereka telah mengajukan permohonan bantuan air bersih. Sedangkan empat desa yang sebelumnya juga tetap kami droping terus,” terang Ahmad di kantor, Senin (11/9/2017).

Ia menyebutkan, kini pihak BPBD semakin intensif memantau daerah rawan kekeringan. Sedikitnya ada 63 Desa tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Rembang yang berpotensi terjadi kekeringan.

“Saat ini terus melakukan pemantauan di Kecamatan Sumber, Bulu, dan Sulang. Karena belajar dari tahun-tahun lalu wilayah ini juga langganan kekeringan. Termasuk juga Kaliori juga berpotensi kekeringan,” imbuhnya.

Hingga saat ini, pihak BPBD telah menyalurkan sebanyak 9 tangki air terhadap desa terdampak kekeringan. Sedangkan anggaran tahun ini yang dimiliki BPBD untuk kekeringan hanya berkisar Rp 50 juta.

“Semoga saja anggaran ini cukup untuk mencukupi kebutuhan droping air bersih di desa-desa terdampak. Jika kurang nanti kita usulkan pakai dana CSR perusahaan daerah yang ada,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *